Top

Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Selamat datang dan Selamat belajar di jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Program Teknik Instalasi Tenaga Listrik adalah s.uatu program yang akan mendidik siswa siswi dengan keahlian dan ketrampilan dalam Perencanaan  dan Pemasangan Instalasi Penerangan Listrik, Pemasangan dan pengoperasian  motor listrik dengan kendali Elektromekanik, Elektronik dan PLC (Programable Logic Controller),  Merawat dan memperbaiki Alat Rumah Tangga Listrik dan Teknik  Pendingin, serta menggulung ulang motor  listrik, agar  lulusannya dapat  bekerja, baik secara mandiri maupun di Dunia Industri sebagai  tenaga  kerja  tingkat  Menengah.
 
Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Tujuan Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
 
Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Instalasi Listrik adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam bidang Instalasi Listrik. Standar kompetensi yang digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum ini adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada Keahlian Teknik Instalasi Listrik.  
 
Prospek Lulusan Teknik Teknik Instalasi Tenaga Listrik 
   1. Perusahaan Pembangkit Tenaga Listrik 
          Bekerja di perusahaan-perusahaan pembangkit tenaga listrik, baik itu perusahaan BUMN maupun Swasta. Di Indonesia sendiri tentu saja yang paling besar adalah PT PLN (Perusahaan Listrik Negara), kemudian juga ada perusahaan-perusahaan lain yang ‘bonavit’ seperti PT Indonesia Power, Chevron, PLT Jawa-Bali, dan lain sebagainya.
 
   2. Perusahaan Peralatan Listrik
        Bekerja di industri manufacture alat-alat tenaga listrik membutuhkan orang mengerti tentang kelistrikan dengan baik. Sehingga, anak didik dapat bekerja di perusahan manufacture di bidang seperti Quality Control, Production dan Operasional.
 
   3. Perusahaan umum dengan sistem kelistrikan tinggi

       Bekerjadi sebuah perusahaan yang mempunyai sistem kelistrikan yang rumit dan kompleks untuk menjalankan operasional perusahaan tersebut, Contoh Mall besar, Pertamina, Pabrik Tekstil, dan perusahaan besar lainnya.

   4. Konsultan listrik
          Bekerja di perusahaan besar yang membutuhkan konsultan dalam memanage kelistrikannya, atau dapat bekerja sama dengan perusahaan konstruksi dalam membangun gedung bersama dengan sistem kelistrikan.



Partner :

Talk to us

0254-200029